Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat

Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat -Lama sekali tidak menulis di blog show your talent ini. Lebih dari 6 bulan saya tidak nulis blog dikarenakan kesibukan saya di dunia offline.  Terakhir posting itu mengenai biola, ketika itu sedang belajar biola soalnya. Hehehe....

Yap.!! Langsung ke topic. Gimana sih caranya membuat acara atau event biar menarik, keren, dan bermanfaat. Tentunya teman-teman ketika mengadakan sebuah event, ingin dihadiri oleh penonton yang banyak dan meriah. Jadi eventnya gak sepi-sepi amat.  Ada beberapa tahapan maupun step untuk membuat sebuah event agar benar-benar berjalan lancar, bermanfaat dan mungkin menguntungkan. Nah, kalo urusan untung untungan ini sudah kelasnya event organizer. Tapi gak menutup kemungkinan walaupun teman-teman bukan seorang EO (Event Organizer), teman-teman bisa mengambil peluang itu untuk dijadikan ajang belajar. Lalu apa aj sih tahapan yang minimal mesti dikuasai.???

Buat Teamwork yang solid
Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat
Teamwork

Cara membuat event yang terkoordinir dengan baik, dibutuhkan teamwork yang baik. Pembagian tugas yang jelas dan lugas. Diberikan kepada orang yang benar-benar menguasai. Minimal kepada orang mau bergerak dan belajar.  Ini adalah langkah awal yang menentukan. Beberapa event gagal diantaranya adalah karena miss komunikasi team. Tenaga pikiran dan modal dalam langkah awal betul-betul diperas habis,  makanya buat team yang energyc dan sinergi untuk menghindari hambatan-hambatan dalam event.

Konsep Acara
Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat

Setelah team terbentuk untuk penataan event. Buatlah Konsep acara sesuai trend. Yap.! Kaitkan event dengan hari-hari khusus. Entah itu hari nasional, hari besar atau yang lain. Kemudian dikombinasi dengan trend saat ini. Misal akhir-akhir ini lagi ngetrend dengan musik atau band. Kaitkan dengan itu, kemudian buat susunan acara atau rundown yang rinci. Agar tidak terjadi telat atau waktu molor. Jadi masalah waktu benar-benar harus di manajemen.

Pendanaan
Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat

Setelah konsep acara dalam membuat event ini selesai dibuat. Susun rencana anggaran yang dibutuhkan. Mengenai peralatan, sewa ini sewa itu, bayar MC dan yang lain. Ini dibuat se jelas-jelasnya. Kemudian buat dalam bentuk proposal dan diajukan ke sponsor atau donatur. 

Promosi
Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat

Promosikan event yang akan dibuat setelah konsep pendanaan dalam titik aman. Jangan sampai proposal belum jadi teman-teman sudah woro-woro duluan. Tujuannya biar acara ini surprice dan menarik. Promosikan melalui banner, brosur, online lakukan untuk memperbanyak peminat atau penonton. Gunakan bahasa promosi yang baik dan elegan. Caranya teman bisa browsing di google mengenai bahasa iklan yang menarik.

Mungkin cukup ini dulu yang perlu diperhatikan, mengenai hal di lapangan pada waktu hari H saya bahas di postingan berikutnya. Jika ada sedikit saran maupun kritik bisa melalui kolom komentar. Terima kasih :)

Sumber gambar : google
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Event yang Menarik, Keren, dan Bermanfaat di blog SHOW YOUR TALENT jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

1 komentar :

terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali artikelnya..

Balas