Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

Settingan Low, Mid, High pada Bass Amplifier


Setting Low, mid, dan high pada bass Sound amplifier adalah teknik yang musti di kuasai oleh seorang player. kenapa? gear (instrument) yang bagus dengan harga puluhan juta sekalipun terbilang percuma jika sang player tidak bisa mengeluarkan "taring" yang ada dalam gearnya tersebut.


1.  Low (Rendah)
low adalah jangkauan suara rendah yang membentuk karakter suara yang "ngebass". dalam bass saya mengartikan Low ini seperti tubuh Manusia. mengcover seluruh sound dan menjadi tulang belakang/pondasi dalam permainan bass seorang bassist.

2. Mid (Pertengahan)
Mid adalah jangkauan suara menengah yang membentuk karakter suara yang memperjelas artikulasi nada atau clarity  dari nada. saya mengartikan mid seperti pelafalan huruf vocal orang yang sedang bicara. harus bisa mendefinisikan artikulasi nada secara jelas. kalau orang lagi ngomong jelas vocal dan konsonannya.

3. high (Treble)
High adalah jangkauan suara tinggi yang membentuk karakter suara menghentak/mempertegas. high diumpamakan sebagai attack/serangan. menghentak, menyerang, dan mempertegas nada. high tidak boleh terlalu besar dibuka. knob high pada bass difungsikan untuk mempertegas artikulasi nada dan mendukung karakteristik permainan seorang bassist. high yang terlalu besar membuat sound jadi kedengar kasar dan terlalu garing.

<<>>
1. sebelum menyalakan Ampli, nol-kan knob gain dan volume pada amplinya. biasakan seperti itu. ini dilakukan untuk mencegah ledakan gelombang pada ampli yang dapat merusak tube pada ampli.
2. sambungkan bass dan ampli dengan jack.
3. pastikan Low, high dan mid diangka nol.
4. buka volume di angka 3 (atau sampai sound terdengar di telinga)
5. tentukan genre musik yang akan dibawakan.
6. mainkan sebuah scale dari senar 4 ke senar 1, kemudian senar 1 ke senar 4. dengarkan, resapi dan ingat2 sound yang terdengar seperti apa.
7. sekarang putar knob Low, High dan Mid ke kisaran angka yang dipukul rata (saya ambil angka 3,selebihnya terserah anda),lalu lakukan cara nomor 6 diatas. bandingkan suara yang didapat setelah dan sebelum memutar knob. jika sanggup, coba deskripsikan nada yang didengar sebelum dan sesudah knob diputar ke dalam beberapa kalimat. kalau bisa tuliskan saja untuk bahan bacaan saat kita sedang disibukan oleh kesibukan sehari-hari sehingga tidak sempat untuk menyentuh alat kita. akibatnya kita bisa lupalho. remember, humans are the source of  mistakes 

Nah sekarang giliran anda mengimprove. coba dengan cara low nya dibesarkan Midnya lebih kecil dari Low, highnya lebih kecil dari mid. dengarkan, resapi, kemudian tarik kesimpulan, seperti apa bunyinya. lalu coba dengan cara sebaliknya, Highnya dibesarkan, midnya di buka lebih kecil dari high, dan lownya lebih kecil dari mid. dengarkan resapi dan tarik kesimpulan. atau, anda bisa kombinasikan dengan cara lain seperti, Lownya besar, midnya kecil, dan highnya ditengah2 antara mid dan Low. bagaimana bunyinya?hmm... hanya Bass dan ampli kita yg bisa menjawabnya. terus saja bereksplorasi, dan belajar dari hal2 yg kita anggap gagal untuk mencapai perfeksionisme yang akan membuat kita menjadi orang yang ahli dibidangnya. jgn takut untuk melakukan segala bentuk percobaan selama itu tidak melenceng terlalu jauh, yang akan membuat kita celaka. nah, komposisi antara Low, mid, dan high akan menghasilkan sound yang enak didengar jika disinkronkan dengan genre musik yang dibawakan. Jika membawakan Genre Rock settingan yang biasa saya aplikasikan low-nya 45%, midnya 20%, dan highnya 35%. artinya suaranya lebih menghentak dan menyerang.
pada genre punk, low 50%, mid 40%, highnya 10%. sehingga sound lebih terdengar mendem dan hangat.
sebenarnya tidak ada ukuran pasti dalam setting tune amplifier. tidak ada setting yang salah atau benar. semuanya tergantung kuping dan jiwa.
so, burn it up!
Terima kasih telah membaca artikel tentang Settingan Low, Mid, High pada Bass Amplifier di blog SHOW YOUR TALENT jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

4 komentar

Makasih buat ilmunya
Sy bru mempelajari di bidang sound semoga bermanfaat.

Balas

Terimakasih buat ilmunya,kami sangat terbantu.

Balas